Pencegahan Agar Tidak Tertular Penyakit TBC

Perlu Diperhatikan Mengenai Pencegahan Agar Tidak Tertular Penyakit TBC

Penyakit Tbc merupakan penyakit yang terjadi pada gangguan pernapasan, dan pernapasan tersebut sudah mengalami infeksi sehingga penyakit TBC ini dapat menularkan melalui pernapasan.

Obat Penyakit MaagSemua makhluk yang ada di dunia ini sama-sama menghirup oksigen dan sama-sama juga memerlukan yang namanya udara, Oleh sebab itu kita sepantasnya memperhatikan bagaimana pernapasan itu bisa dijaga dengan baik. Mahluk yang kita lihat ini tidak sama-sama hidup di perairan saja, Tidak hanya di udara saja, Tidak hanya di daratan saja. Bahkan mahkluk-mahkluk yang ada di dunia ini, Ada juga yang kehidupanya itu bukan diperairan, diudara ataupun didaratan tetapi merekan hidup didaratan yang suasana tempatnya itu terlihat kotor. Oleh karena itulah, Dari perbedaan mahkluk dan perbedaan tempat dalam hibernasi kehidupanya maka terjadi penyakit yang menyebabkan gangguan terhadap pernapasan. Yang mana pernapasan ini sangat diperlukan oleh kita semua dan oleh sebab itulah kita juga harus bisa mencegahnya bagaimana pernapasan ini bisa terjaga dengan baik.

Bahaya Dari Penyakit TBC

Penyakit Tbc ini merupakan penyakit yang harus kita waspadai, Sebab penyakit tbc yang mengganguan sistem pernapasan dan pernapasan ini masuk kedalam tubuh. Sehingga pernapasan yang masuk dalam tubuh ini di iringi dengan bakteri-bakteri yang menjadi kerusakan dalam pernapasan manusia. Yang mana bakteri yang itu terhisap lalu masuk dalam tubuh. dan bakteri tersebut berkembangbiak  di dalam tubuh. Sehingga lama-kelamaan tubuh yang di serang dengan bakteri menjadi kotor bahkan menggumpal seperti sampah, dan tubuh kita keseluruhanya menjadi menggumpal dengan kotoran.

Gejala utama yang terjadi pada gangguan pernapasan sehingga menyebabkan penyakit TBC

  • Batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih.
  • Gejala tambahan yang sering dijumpai
  • Dahak bercampur darah/batuk darah
  • Sesak nafas dan rasa nyeri pada dada
  • Demam/meriang lebih dari sebulan
  • Berkeringat pada malam hari tanpa penyebab yang jelas
  • Badan lemah dan lesu
  • Nafsu makan menurun dan terjadi penurunan berat badan

Sesuatu Agar Kita Dapat Mengetahui Bahwa Seseorang Itu Terkena Penyakit TBC

“Paling mudah untuk mengetahui seseorang terkena tuberkulosis jika dia berkeringat pada malam hari tanpa penyebab yang jelas. Walaupun tidak bisa langsung ditetapkan tuberkulosis karena harus didiagnosis, tapi itu salah satu pertanda. Jika Anda lemas, batuk tak berhenti, nyeri pada dada, dan keringat pada malam hari, langsung segera periksa,” tambah dr Arifin Nawas Sp(P), salah seorang tenaga ahli klinis tuberkulosis di RSUP Persahabatan di tempat sama.

Menurutnya, untuk memastikan seseorang terkena TB atau tidak, tim medis melakukan diagnosis dengan mengadakan pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung (BTA) dan gambaran radio logis (foto rontgen).

Pengobatan Penyakit TBC

Obat Penyakit MaagUntuk mendiagnosis TBC, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, terutama di daerah paru/dada, lalu dapat meminta pemeriksaan tambahan berupa foto rontgen dada, tes laboratorium untuk dahak dan darah, juga tes tuberkulin (mantoux/PPD). Pengobatan TBC adalah pengobatan jangka panjang, biasanya selama 6-9 bulan dengan paling sedikit 3 macam obat.

Kondisi ini diperlukan ketekunan dan kedisiplinan dari pasien untuk meminum obat dan kontrol ke dokter agar dapat sembuh total. Apalagi biasanya setelah 2-3 pekan meminum obat, gejala-gejala TBC akan hilang sehingga pasien menjadi malas meminum obat dan kontrol ke dokter. Jika pengobatan TBC tidak tuntas, maka ini dapat menjadi berbahaya karena sering kali obat-obatan yang biasa digunakan untuk TBC tidak mempan pada kuman TBC (resisten). Akibatnya, harus diobati dengan obat-obat lain yang lebih mahal dan “keras”. Hal ini harus dihindari dengan pengobatan TBC sampai tuntas. Pengobatan jangka panjang untuk TBC dengan banyak obat tentunya akan menimbulkan dampak efek samping bagi pasien. Efek samping yang biasanya terjadi pada pengobatan TBC adalah nyeri perut, penglihatan/pendengaran terganggu, kencing seperti air kopi, demam tinggi, muntah, gatal-gatal dan kemerahan kulit, rasa panas di kaki/tangan, lemas, sampai mata/kulit kuning.

Itu sebabnya penting untuk selalu menyampaikan efek samping yang timbul pada dokter setiap kali kontrol sehingga dokter dapat menyesuaikan dosis, mengganti obat dengan yang lain, atau melakukan pemeriksaan laboratorium jika diperlukan.

Pengobatan untuk penyakit-penyakit lain selama pengobatan TBC pun sebaiknya harus diatur dokter untuk mencegah efek samping yang lebih serius/berbahaya. Penyakit TBC dapat dicegah dengan cara:

  1. Mengurangi kontak dengan penderita penyakit TBC aktif.
  2. Menjaga standar hidup yang baik, dengan makanan bergizi, lingkungan yang sehat, dan berolahraga.
  3. Pemberian vaksin BCG (untuk mencegah kasus TBC yang lebih berat). Vaksin ini secara rutin diberikan pada semua balita.

Perlu Diperhatikan Bahwa Penyakit Seberat Apapun Bisa Diatasi Dengan Kesugguhan Kita Dan Keyakinan Dalam Hati Kita. NAH, Semoga informasi mengenai penyakit TBC ini bisa menjadi renungan kita. Dan untuk mengetahui bagaimana pentingnya keyakinan ini bisa kita ketahui KLIK SAJA DISINI


  • Informasi Ini Di Dukung Oleh Distributor Pusat Pelayanan Kesehatan Dari Produk Ace Maxs
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s